Langkah - Langkah Membuat Tabel di Word
'' Cara Membuat Tabel di Word''
Ada 4 cara untuk membuat tabel di Word, yaitu:
- Menggunakan template
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, arahkan ke Quick Tables, dan kemudian klik template yang diinginkan.
- Ganti data pada template.
- Menggunakan menu Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table.
- Di bagian Insert Table, geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom.
- Menggunakan perintah Insert Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
- Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
- Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.
- Menggambar tabel
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.
- Pointer akan berubah menjadi pensil.
- Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.
- Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.
- Klik garis yang ingin dihapus.
Cara Menambah Baris dan Kolom pada Tabel
- Klik pada sel yang ingin ditambahkan baris atau kolom.
- Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, pilih:
- Insert Above, untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel.
- Insert Below, untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel.
- Insert Left, untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel.
- Insert Right , untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel.
Tip: kita juga bisa menggunakan klik kanan pada sel untuk menampilkan pilihan di atas.
3. Cara Menghapus Sel, Baris, Kolom atau Tabel
- Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, klik Delete.
- Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.
Cara Menggabungkan dan Membagi Sel pada Tabel
- Menggabungkan sel
- Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
- Membagi sel
- Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
- Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
- Centang kotak merge cells before split, apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.
Cara Format Tabel
Format tabel dengan memberi warna dan garis pembatas (border) dengan dua cara berikut ini.
- Menggunakan Table Styles
Cara pertama adalah menggunakan Table Styles yang sudah disediakan Microsoft Word. Cara ini bisa digunakan untuk memberi warna dan garis dengan cepat pada tabel.- Klik tabel yang ingin diformat.
- Pada Table Tools, klik Design tab.
- Di Table Styles grup, tempatkan kursor di setiap style untuk melihat tampilan tabel.
- Klik style yang ingin digunakan.
- Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.
- Membuat dan Menghapus Garis Pembatas pada Tabel
- Membuat Garis Pembatas
- Klik tabel atau bagian tabel yang ingin diberi garis pembatas.
- Pada Table Tools, klik Design tab.
- Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan pilih bentuk garis pembatas yang disediakan. Atau klik Borders and Shading, dan pada Borders tab, pilih bentuk garis pembatas yang diinginkan.
- Menghapus Garis Pembatas
- Klik tabel atau bagian tabel yang ingin dihapus garis pembatasnya.
- Pada Table Tools, klik Design tab.
- Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan klik No Border untuk menghapus pembatas tabel.
- Untuk menghapus bagian tertentu saja, klik tanda panah pada Borders, dan kemudian klik Borders and Shading. Pada Borders tab, di bagian preview, klik garis yang ingin dihilangkan.
- Membuat Garis Pembatas
Cara Mengatur Pemisahan Baris dalam Tabel
- Mencegah pemisahan isi baris dalam tabel
Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Untuk membuat isi baris yang panjang ini tidak terpisah dan ditempatkan semuanya di halaman selanjutnya, gunakan cara berikut:- Klik pada tabel.
- Pada Table Tools, klik Layout tab.
- Di Table grup, klik Properties, dan pilih Row tab.
- Hilangkan pilihan pada kotak Allow row to break across pages dan klik OK.
- Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
- Klik pada baris yang ingin ditempatkan di halaman berikutnya.
- Tekan CTRL+ENTER. Cara ini disebut juga page break manual.
Cara Membuat Table Heading Berulang Pada Setiap Halaman
- Pilih baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
- Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
Catatan: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual (CTRL + ENTER) dalam tabel. - Untuk menghilangkan table heading berulang: klik pada heading table di halaman pertama. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
Mengurutkan Data pada Tabel
- Klik pada tabel.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Sort.
- Pada kotak dialog Sort, pilih kolom atau header kolom yang dijadikan sebagai dasar pengurutan.
Memberi Penomoran Pada Sel di Tabel
- Pilih sel pada tabel yang akan diberi nomor.
Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama. - Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.
Cara Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel dan Sebaliknya
- Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel
- Masukkan tanda pemisah seperti koma dan tabs untuk menentukan dimana kumpulan teks ini akan dibagi menjadi kolom. Gunakan paragraf untuk menandai baris baru.
- Pilih kumpulan teks yang akan diubah ke bentuk tabel.
Misalnya, kumpulan teks di bawah ini yang terdiri dari 2 paragraf akan diubah ke bentuk tabel. Pemisahnya berupa koma. - Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table untuk menampilkan kotak dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut ini.
- Klik OK dan kumpulan teks akan menjadi seperti gambar berikut ini.
- Mengubah Tabel Menjadi Kumpulan Teks
- Pilih kumpulan baris atau tabel yang akan diubah menjadi paragraf.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Convert to Text.
- Di bagian Separate text at, pilih tanda pemisah kolom yang akan digunakan. Untuk baris akan dipisahkan menjadi paragraf.
''Cara Menggunakan Formula pada Tabel Microsoft Word''
Pada Microsoft Word kita dapat menggunakan formula pada tabel untuk membuat penjumlahan, mencari nilai rata-rata, maksimal, minimal dan sebagainya.
Berikut cara-cara menggunakan formula.
I. Cara Membaca Baris dan Kolom pada Tabel
Pertama-tama kita perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula.
- Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari baris (1,2, 3, dst) dan kolom (A, B, C, dst).
- Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya (lihat gambar).
II. Cara Menggunakan Formula pada Tabel
- Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
- Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
- Bila menggunakan:
- Word 2003: pada menu Table, klik Formula.
- Word 2007/2010/2013: pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
- Microsoft Word akan memberikan formula:
- =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
- =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.
- Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
- Tekan OK, bila sudah selesai.
III. Cara Melihat Tampilan Formula
- Klik pada sel yang berisi formula sehingga berwarna abu-abu (lihat gambar) dan tekan SHIFT+F9.
- Tekan kembali SHIFT+F9 untuk berpindah ke tampilan angka.
Tip: Kita juga bisa menggunakan cara klik kanan pada sel dan pilih Toggle Field Codes.
IV. Cara Menggunakan Cell Reference
- Tulisan LEFT atau ABOVE pada formula dapat diganti dengan cell reference (contoh: A1, A2, B1, dan sebagainya).
- Misalnya kita ingin menjumlahkan sel A2 dengan sel B2. Formulanya adalah seperti berikut: =SUM(a2,b2).
- Cara ini sangat bermanfaat untuk penjumlahan pada sel yang tidak berurutan ataupun terdapat teks di dekat sel sehingga dapat mengacaukan hasil formula apabila menggunakan LEFT atau ABOVE.
V. Cara Update Formula
- Bila ada perubahan nilai pada tabel, klik kanan pada sel yang berisi formula yang akan di-update dan pilih Update Field.
VI. Cara Mengganti Function pada Formula
- Untuk mengganti function, misalnya dari SUM menjadi MAX, klik kanan pada sel yang akan diganti function-nya.
- Pilih Edit Field.
- Pada kotak dialog Field, klik Formula.
- Pada kotak Formula, hapus function tersebut (tanda sama dengan (=) jangan dihapus).
- Kemudian pada kotak Paste function pilih function yang diinginkan.
- Klik OK, bila sudah selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar