FUNGSI DAN PERANAN MULTIMEDIA DI BERBAGAI BIDANG
Salah satu
fungsi utama multimedia adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut
mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajaryang di tata dan
diciptakan oleh guru.Menurut Hamalik dalam buku Media Pembelajaran
mengemukakanbahwa pemakaian media dalam pembelajaran dalam proses
belajarmengajardapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan
bahkanmembawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Multimedia menurut Levie dan Lentz, mengemukakan empat fungsimultimedia pembelajaran, khususnya media visual, yaitu :
a.Fungsi
atensi media visual yang merupakan latihan, yaitu menarik danmengarahkan
perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajarandengan
berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan / menyertaimateri
pelajaran.
b. Fungsi afektif visual dapat di lihat dari tingkat kenikmatan siswa ketikabelajar (atau membaca) teks bergambar.
c.Fungsi
kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang
mengungkapkan bahwa lambang visual / gambar dapat mencapaitujuan untuk
memahami dan mengingat informasi atau pesanyang terkandung dalam gambar.
d. Fungsi
kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitianbahwa
media visual yang memberikan konteks untuk memahami teksmembantu siswa
yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikaninformasi dalam teks dan
mengingatnya kembali. Selain itu menurut Jerome Bruner membagi alat
instruksional dalam empat macam fungsinya yaitu :
a. Alat
untuk menyampaikanpengalaman “vocarious”, yaitu menyajikanbahan kepada
murid-murid yang sedianya tidak dapat mereka perolehdengan pengalaman
langsung yang lazim di sekolah.
b. Alat
model yang dapat memberikan pengertian tentang struktur atauprinsip
suatu gejala. Misalnya model molekul atau pernafasan, tetapi
jugaeksperimen atau demonstrasi juga program yang memberikan
langkahlangkahuntuk memahami suatu prinsip, atau struktur pokok.
c. Alat
dramatisasi, yakni yang mendramatisasi sejarah / peristiwa atau tokoh,
filem tentang alam yang memperlihatkan perjuangan untuk hidup,untuk
memberi pengertian tentang suatu ide atau gejala.
d. Alat
automatisasi “teaching machine” atau pelajaran berprogram,
yangmenyajikan suatu masalah dalam urutan yang teratur dan memberi
feedbacktentang responds murid. Alat ini dapat meringankan beban
guru.10Dengan demikian secara umum multimedia berfungsi untuk
mengatasihambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas,
sikap pasifsiswa, dan upaya mempersatukan pemahaman siswa.
PERANAN MULTIMEDIA DIBERBAGAI BIDANG
A. Bidang Pendidikan
Secara umum
manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih
menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar
mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap
belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
1
1.Memperbesar benda yang
sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2.Memperkecil benda
yang sangat besar yang tidak mungkin
dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah,
gunung, dll.
3.Menyajikan benda atau
peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung
cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet
Mars, berkembangnya bunga dll.
4.Menyajikan benda atau
peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5.Menyajikan benda atau
peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6.Meningkatkan daya
tarik dan perhatian siswa.
Berikut merupakan contoh penggunaan multimedia dalam bidang pendidikan :
Kamus Multimedia ElektronikKamus
multimedia elektronik merupakan salah satu contoh bagaimana multimedia
boleh digunakan bagi tujuan pendidikan. Berbeda dengan kamus biasa,
kamus multimedia elektronik akan memaparkan makna dari suatu perkataan
atau istilah yang dikehendaki dengan menggunakan berbagai media seperti
audio,video, grafik dan animasi sehingga dapat dilakukan dengan lebih
mudah dan berkesan
Eksperiman atau Ujikaji
Penggunaan media seperti video dan animasi dalam sebuah proses eksperiman memperbolehkan pelajar untuk memahami dan menguasai konsep dengan lebih mudah.
Penggunaan media seperti video dan animasi dalam sebuah proses eksperiman memperbolehkan pelajar untuk memahami dan menguasai konsep dengan lebih mudah.
Simulasi Proses Kerja
Terdapat berbagai jenis aplikasi yang memanfaatkan teknik simulasi yang boleh digunakan bagi tujuan pendidikan contohnya adalah simulasi penerbangan yang sering digunakan dalam latihan sistem penerbangan. Simulasi penerbangan ini memperbolehkan bakal pilot mengalami latihan seperti dalam keadaan yang sebenarnya yang meliputi audio, visual, interaktiviti dan sebagainya.
Bahan Sejarah
Belajar sejarah juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bantuan multimedia karena bahan-bahan sejarah boleh direkabentuknmya untuk menghasilkan persembahan secara lebih hidup dengan menggabungkan konsep gambar , animasi 3D dsb. Juga dapat dilihat pula video tentang keadaan sebenarnya tanpa perlu bergerak atau melawat ke lokasi sebenarnya yang mungkin sulit untuk dituju.
Belajar sejarah juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bantuan multimedia karena bahan-bahan sejarah boleh direkabentuknmya untuk menghasilkan persembahan secara lebih hidup dengan menggabungkan konsep gambar , animasi 3D dsb. Juga dapat dilihat pula video tentang keadaan sebenarnya tanpa perlu bergerak atau melawat ke lokasi sebenarnya yang mungkin sulit untuk dituju.
Sumber Rujukan Elektronik
Sumber
rujukan elektronik merupakan contoh penggunaan multimedia yang paling
meluas digunakan. Ensiklopedia, tutorial interaktif, buku elektronik
merupakan beberapa contoh bagaimana multimedia boleh digunakan sebagai
sumber rujukan elektronik. Kebanyakan aplikasi sumber rujukan ini
menyediakan komponen multimedia yang boleh memberikan hasil maksimal
melalui penggunaan kesan bunyi , suara, gamabr, video, dan animasi.
Pendidikan Permainan dan Hiburan
Proses pengajaran dan pembelajaran menjadi semakin menarik sekiranya ia diselang selingkan dengan elemen-elemen yang menghiburkan serta mampu memikat hati pelajar. Ini dapat diperoleh dengan aplikasi multimedia pendididkan yang menggunakan pendekatan berhibur sambil belajar ataupun bermain sambil belajar. Misalnya permainan yang dapat merangsang pemikiran pelajar dalam menyelesaikan masalah dll.
Proses pengajaran dan pembelajaran menjadi semakin menarik sekiranya ia diselang selingkan dengan elemen-elemen yang menghiburkan serta mampu memikat hati pelajar. Ini dapat diperoleh dengan aplikasi multimedia pendididkan yang menggunakan pendekatan berhibur sambil belajar ataupun bermain sambil belajar. Misalnya permainan yang dapat merangsang pemikiran pelajar dalam menyelesaikan masalah dll.
B. Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa
di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri
pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai
ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot
otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak
kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal
Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
C. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos
bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari
menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi
dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian
cepatnya.
D. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat.
Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil
dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara
manual dengan tenaga manusia.
E. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan
pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi
didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis
dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang
dioperasikan dengan bantuan komputer.
F. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di
operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku
atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar,
bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh
manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan
perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi
dantidak up-to date lagi.
G. Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua
di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan
aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC
itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang
pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan
kejadian nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar