Kamis, 09 Maret 2017

PERALATAN TELEKOMUNIKASI


PERALATAN TELEKOMUNIKASI

 1.Telegraf  

Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.ni gambarnya!



2.Telepon

Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon. pada sisi penerima, energi listrik tersebut kemudian diubah kembali menjadi suara. telepon berarti tele yang artinya jauh dan phone yang artinya suara, telepon merupakan alat komunikasi jarak jauh.telepon terdiri dari empat bagian utama yang sangat penting yaitu: mekanisme dialing, transmiter, ringer,dan receiver.
ne ane kasih liat aje gambarnya




3.Fax

Fax berasal dari kata facsimile yang artinya mengopi sama persis dengan aslinya. mesin fax merupakan peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan dan gambar melalui kabel telepon. mesin fax mengopi dokumen yang ingin dikrimkan, kemudian    mengirimkan dokumen ke nomor fax yang ingin dituju. 
ni gambarnya!!!







4.Televisi


Televisi adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan fiber optik atau dengan menggunakan gelombang elektromagnet.Sinyal-sinyal tersebut biasanya dipancarkan dari sebuah pusat sumber yang disebut stasiun tv.
Selain apa yang dibahas di atas,bentuk lain dari penggunaan Televisi adalah CCTV (Close Circuit Television ).
CCTV digunakan sebagai alat keamanan.
tuh nonton tv di bawah!!!!




5.Radio


Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi, radio masih mempunyai peranan penting sebagai alat komunikasi dan penyebar informasi saat ini. Radio adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara menggunakan gelombang elektromagnet.radio merupakan alat komunikasi yang sangat penting sejak ditemukan.Pada awalnya, radio digunakan sebagai alat komunikasi nirkabel dari kapal ke kapal dan kapal ke pantai.Radio kemudian digunakan lebih luas. radio bekerja dengan cara mengirimkan sinyal.
ada gambarnya tu!!


6.Telepon bergerak



Mobile phone atau handphone atau telepon selular (cellular phone) atau ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Kelebihan alat komunikasi ini adalah kemampuan bergerak (mobile) sehingga pengguna selalu dapat berkomunikasi dengan dunia luar di manapun ia berada dan apapun aktivitas yang sedang dilakukan.Ada dua teknologi telepon bergerak yang umum digunakan saat ini, yaitu GSM dan CDMA.perbedaan keduanya adalah terletak pada cara suara dikirimkan dari pengirim ke penerima.

1.GSM
GSM adalah kependekan dari global system for commuication mobile. GSM bekerja dengan cara mengompresi suara yang masuk kejaringan GSM ke dalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang lebih kecil.

2.CDMA 
CDMA merupakan singkatan dari Code Division Multiple Access.teknologi CDMA bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi paket-paket kecil dan masuk ke saluran frekuensi yang terpisah-pisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar